14 Agustus 2011

987 Teknologi

Mengapa teknologi?
Pertama, 10 Agustus 2011 ybl. adalah peringatan ke-16 Hari Kebangkitan Teknologi Nasioanal, yang tahun ini peringatan itu dilaksanakan di Pusat Penelitian Pengetahuan dan Teknologi di Serpong, Banten.
 
Kedua,  
From: "total" <
total_sacrifice@yahoo.com>
Sent: Wednesday, July 27, 2011 4:25 AM
Ah masak... Islam kok lengkap banget ada teknologi segala. Kalau ada teknologi dalam Islam seharusnya Nabi Muhammad Saw itu juga sekelas profesor dalam memahami teknologi, tapi kenyataannya tidak. Saya belajar teknologi juga tidak pernah dari hadits he he he

Jawab:
Hanya difokuskan pada yang kedua.
Secara literal Ramadhan artinya bulan yang membakar. Sabda RasuluLlah SAW: Man shaama ramadhaana iimaanan wahtisaaban ghufiralahu maa taqaddama min dzanbihi, artinya: Barang-siapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan introspkesi, maka diampuni dosanya apa yang telah lalu. Bulan Ramadhan adalah bulan pengampunan dosa, secara internal membakar dosa-dosa, dan secara eksternal dalam jihad intelektual membakar semua intrik, fitnah, olok-olok terhadap Islam yang dilakukan oleh golongan kafir, fasiq dan zhalim, yang contohnya seperti yang dilontarkan "total" di atas itu.
 
Menurut Baharuddin Jusuf Habibie, teknologi adalah pengetahuan dan kecakapan serta keterampilan menggunakan alat untuk memproses yang dapat memberikan nilai tambah pada suatu barang / komoditi. Mengubah besi, kayu, tali dan bulu burung menjadi busur dan anak panah yang telah mempunyai nilai tambah itulah teknologi. Menurut Hadits, dalam Perang Uhud Nabi Muhammad SAW menempatkan satu regu pemanah dibukit Uhud untuk menghadang pasukan berkuda kafir Quraisy. (Bakal Nabi) Muhammad SAW memindahkan komoditi dengan kafilah dari Makkah ke Syam, itulah juga teknologi. Mengapa? Komoditi itu setelah tiba di Syam sudah punya nilai tambah. Bahkan kepak sayap burung yang membuka dan menguncup yang terbang membawa makanan ke sarangnya itu juga teknologi. Mengapa? Sebab makanan dalam sarang mempunyai nilai tambah, aman dari dimakan binatang lain.
 
Jadi itu si "total" yang ngeyel mengaku belajar teknologi (di Situ Saeur?) tidak tahu apa itu teknologi. Ngeyel lagi dengan sinis: "Islam kok lengkap banget ada teknologi segala."
 
Allah SWT berfirman:
-- AWLM YRWA ALY ALThYR FWQHM ShFT WYQBDhN (S. ALMLK, 67:19), dibaca: awalam yaraw ilath thairi fawqahum saafaatin wayaqbidhna, artinya:
-- Tidakkah mereka lihat burung-burung di atas mereka bersaf-saf dan menguncupkan?
 
Yaqbidhna, fi'il, kata kerja (khabar = predikat) ditasrif untuk obyek yang mutsanna (dual). Jadi ada dua yang dikucupkan, yaitu kedua sayap burung itu. Burung-burung yang bersaf-saf artinya dalam keadaan terbang dan biasanya kedua sayapnya menguncup sementara hinggap di pohon. Kontradiktif? Tidak! Allah menyuruh kita memantau burung yang sedang bersaf-saf terbang sambil menguncupkan kedua sayapnya.
 
Kinerja terbang
Menyangkut kinerja terbang, hingga kini walaupun teknologi pesawat terbang sudah demikian canggihnya, namun masih kalah dibandingkan dengan burung. Dilihat dari sudut aerodinamika kemenangan burung itu terletak dalam hal burung dapat mengubah posisi sayapnya sementara terbang, yakni dapat membuka selebarnya dan menguncup seluruhnya. Sayap burung membuka apabila memerlukan gaya angkat dan gaya dorong, menguncup jika sedang terbang dalam kecepatan tinggi dan menukik. Demikian pula pesawat terbang memerlukan sayap untuk daya angkat supaya dapat take off, namun sayap yang lebar hilang peranannya bahkan menyusahkan jika sedang terbang di atas laju suara.(*) Pesawat terbang yang terbang seperti burung itu baru dibuat dalam tahun 1951, disebut model X5, namun dari aspek kinerja terbang masih jauh ketinggalan ketimbang burung, berhubung kapal sayap terbang tidak dapat menguncup 100%.
 
Teknologi lebah membuat sarang:
-- WAWhY RBK ALY ALNhL AN ATKhDzY MN ALJBAL BYWTA WMN ALSyJR WMMA Y'ARSyWN  (S. ALNhL, 16:68), dibaca: wa awhaa rabbuka ilan nahli anit takhidzii minal jibaali buyuutan wa minasy syajari wa mimma ya'risyuun, artinya:
-- Dan Maha Pengaturmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,"
 
Pada umumnya jembatan dibangun dimulai dari satu sisi sungai saja. Sangat jarang membuat jembatan seperti Golden Gate Bridge yang dimulai dari kedua sisi karena itu sangat sulit. Melenceng sedikit saja, niscaya tidak akan bertemu tepat di tengah-tengah. Lebah menggunakan cara yang sangat mentakjubkan ketika membangun sarang. Mereka memulai membangun sel-sel tempat penyimpanan madu dari sejumlah (4 ke atas, jadi ruang 3 dimensi) sudut-sudut yang berbeda, yang pada akhirnya bertemu di tengah-tengah. Setelah pekerjaan usai, tidak nampak adanya ketidak-serasian ataupun tambal sulam pada sel-sel tersebut. Manusia tak mampu membuat perancangan yang sempurna ini, karena membutuhkan perhitungan geometris yang rumit. Proses pembangunan Golden Gate Bridge yang hanya satu dimensi (garis dari kedua sisi) saja tidak ada apa-apanya, jika dibandingkan dengan lebah yang melakukannya dengan sangat mudah, yang dimulainya dari beberapa titik sudut yang berbeda dalam tiga dimensi pula di mana sel-selnya berbentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk heksagonal yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Selain itu, setelah lebah pemadu menemukan bunga ia mampu terbang lurus ke sarangnya. Kedua fenomena ini membuktikan bahwa kalau pengetahuan dan teknologi itu didapatkan dari wahyu walaupun itu hanya binatang, akan melampaui pengetahuan dan teknologi manusia yang didapatkannya dari akalnya.
 
***
 
Beberapa ilustrasi penemuan-penemuan Islam:
Sejarah adalah peristiwa yang sudah terjadi, namun baru ditulis kemudian, jauh setelah kejadian sebenarnya berlalu. Sebagai cerita masa lalu sejarah mudah untuk dimanipulasi, dan disampaikan kepada generasi berikutnya yang hanya bisa menerima mentah-mentah informasi itu sebagai kebenaran. Informasi mengenai penemuan-penemuan sains dan teknologi yang pernah kita terima kebanyakan berasal dari buku-buku pengetahuan Barat. Penemu-penemu yang disebut sebagai yang pertama di dunia itu pun dipuji sebagai orang yang berjasa kepada ilmu pengetahuan, padahal banyak di antaranya hasil manipulasi.
 
=> Konsep tentang karantina pertama kali diperkenalkan dalam abad ke-7 oleh Nabi Muhammad SAW, yang dengan bijaksana memperingatkan supaya hati-hati ketika memasuki atau meninggalkan suatu daerah yang terkena wabah penyakit.  Sejak abad ke-10, dokter-dokter Islam berinovasi dengan mengisolasi individu-individu penderita penyakit dan mengasingkannya ke arah utara. Dengan demikian konsep karantina yang dikembangkan di Venice, Italia pada tahun 1403 yang dikatakan oleh Barat yang pertama di dunia, itu adalah manipulasi.
 
=> Ahli ilmu geografi Islam dan navigator-navigatornya yang pertama kali menggunakan jarum magnet di dalam pelayaran. Mereka menemukan kompas dan menguasai penggunaannya di dalam pelayaran menuju ke barat. Tidak banyak diketahui orang, bahwa Columbus dibantu oleh dua orang kapten Muslimain pada waktu pelayarannya yang pertama menyeberang transatlantik. Kedua kapten Muslimain itu adalah dua bersaudara Martin Alonso Pinzon yang menakodai kapal PINTA, dan Vicente Yanez Pinzon yang menakodai kapal NINA. Kedua bersaudara Pinzon ini berkeluarga dengan ABUZAYAN MUHAMMAD III, Sultan Marocco dari dinasti Marinid. Gustav Le Bon mengakui bahwa jarum magnet dan kompas betul-betul ditemukan oleh Muslim dan orang Cina hanya berperan kecil.
 
=> Berbagai bentuk jam mekanik dihasilkan oleh insinyur-insinyur Muslim Spanyol, dan pengetahuan ini kemudian sampai ke Eropa melalui terjemahan buku-buku Islam ke bahasa Latin. Jam-jam ini menggunakan sistem picu beban.  Desain dari beberapa bagian gir dan sistem kerjanya juga ada.  Jam seperti itu dilengkapi dengan buangan air raksa, jenis yang kemudian secara langsung dijiplak oleh orang-orang Eropa selama abad ke-15.  Ilmuwan-ilmuwan Muslim juga membangun bermacam jam-jam astronomi yang sangat akurat untuk digunakan dalam observatorium-observatorium mereka.
Tetapi dikatakan kepada kita bahwa sampai abad ke-14, satu-satunya jenis jam yang ada adalah jam air.  Di tahun 1335, sebuah jam mekanis yang besar dibangun di Milan, Italia.  Dikatakan bahwa jam ini adalah jam berpicu beban pertama di dunia. Jadi ini juga manipulasi.
 
=> Ahli kimia Islam menghasilkan kerosin (minyak tanah murni) melalui penyulingan produk minyak dan gas bumi lebih dari 1.000 tahun sebelum Abraham Gesner, orang Inggris, mengaku sebagai yang pertama menghasilkan kerosin dari penyaringan aspal.
 
=> Kertas tertua yang menjadi contoh untuk dicetak di dunia Barat adalah sebuah naskah Arab berjudul Gharib Al-Hadist oleh Abu 'Ubyad Al-Qasim ibnu Sallam bertanggal Dzulqaidah 252 atau 13 Nopember – 12 Desember 866, yang masih tersimpan di Perpustakaan Universitas Leiden.
 
=> Orang-orang Venesia belajar tentang seni membuat peralatan berbahan gelas yang bagus dari seniman-seniman Muslim Spanyol.
 
=> Roger Bacon membawa sejumlah besar buku-buku ilmiah Islam dari Paris. Di antaranya Al-Manazhier karya Ali Al-Hasan ibnu Haitsam. Terdapat penjelasan-penjelasan mengenai mesiu dan mikroskop pada naskah itu, namun secara tidak jujur Roger Bacon telah mencantumkan namanya sendiri dan dengan demikian dia telah melakukan plagiat terang-terangan.
 
=> Para ahli matematik Islam memperkenalkan bilangan negatif sedikitnya 400 tahun sebelum Geronimo Cardano mengakui telah memperkenalkannya dalam tahun 1545, dengan mengatakan bahwa angka-angka bisa kurang dari nol. 
 
***
 
Berita dibuang sayang:
Tercapainya persetujuan Kongres Amerika atas kenaikan pagu utang disambut oleh bursa saham di Asia dan zona Eropa, semuanya rontok. Ini situasi ekonomi dan keuangan terburuk dialami Amerika. Menurut Paul Krugman di Wall Street:
"Hanya tinggal menunggu waktu, Amerika Serikat menjadi bangkrut, dan berubah menjadi Republik Banana." Inilah akibat pengeluaran dana-perang sejak George War Bush secara zhahir dan secara bathin kutukan rakyat terzalimi: Palestina, Afghanistan, dan Irak, atas Amerika yang benteng kapitalisme/imperialisme, menyusul kutukan rakyat terzalimi Afghanistan atas Uni Sovyet penyebab bubarnya berkeping-keping negara beruang lapuk benteng komunis itu. WaLlahu a'lamu bishshawab.
 
Sumber :
1.Sumbangan Islam kepada Ilmu dan Peradaban Modern oleh S.I. Poeradisastra
2.http://www.themodernreligion.com/ht/precolumbus.html
3.Thacher, John Boud: Christopher Columbus, New York 1950
4.Encyclopaedia Britannica
 
WaLlahu a'lamu bishshawab.
----------------------------
(*)
Isyarat Al Quran tersebut dapat pula dikembangkan dalam meniru ikan lumba-lumba yang melaju berenang dan menyelam. Sebuah kapal yang bergerak melaju menimbulkan pusaran-pusaran air yang menghalangi gerak laju kapal. Pusaran-pusaran air menurunkan efisiensi pergerakan kapal. Ikan lumba-lumba sangat efisien dalam hal melaju berenang dan menyelam, karena Allah SWT mendisain bentuk ikan lumba-lumba yang stream-line, sehingga tidak menimbulkan pusaran air. Lagi pula kulit lumba-lumba terdiri atas dua lapis. Yang sebelah luar tipis dan elastis, yang sebelah dalam tebal terdiri atas pipa-pipa halus yang berisi substansi seperti karet busa. Kombinasi kedua lapisan kulit ini berfungsi sebagai shock-breaker sehingga gerakannya yang melaju menjadi mulus dalam air yang bergelora. Bionika yang mempelajari kulit lumba-lumba ini menghasilkan teknologi kulit buatan untuk membungkus torpedo bawah air.
 
*** Makassar, 14 Agustus 2011