28 November 2010

950 Bukan Ishaq yang Akan Dikurbankan oleh Nabi Ibrahim AS

950 Bukan Ishaq yang Akan Dikurbankan oleh Nabi Ibrahim AS 
 
[Genesis 22:2] Take now thy son, thine only son Isaac, whom thou lovest and get thee into the land of Moriah; and offer him there.
 
A. Land of Moriah itu tidak menunjuk pada tanah Kan'an, di mana Isaac lahir dan dibesarkan.
http://en.wikipedia.org/wiki/Moriah
Land of Moriah
The exact location referred to is currently a matter of some debate. The name was a reference to the teaching-place, the place of fear, land of worship, land of vision.
Tidak satupun nama Moriah itu menunjuk nama Kan'an, tempat Ishaq dilahirkan dan dibesarkan. Nama itu tidak menunjuk pada tempat secara geografis.
 
B. thine only son Isaac.
Biblepun mengakui Ismail lebih tua 14 tahun dari Ishaq.
[Genesis 16:16] And Abram was fourscore and six years old, when Hagar bare Ishmael to Abram.
[Genesis 21:5] And Abraham was an hundred years old, when his son Isaac was born unto him.
Kedua ayat [Genesis 16:16 dan [Genesis 21:5] itu menunjukkan bahwa Ismail lebih tua dari Ishaq, yaitu 100 - 86 = 14 tahun.
 
Kalau Ishaq yang akan dikurbankan, Ishaq bukanlah anak satu-satunya, sebab ada kakaknya yaitu Isma'il. Oleh sebab itu Ahli Kitab membikin apologi:
a) Ismail tidak sederajat dengan Isaac, karena ibunya yaitu Hagar adalah "handmaid"-nya Sarah.
b) Ismail sudah tidak ada di Kan'an, sehingga di Kan'an Isaac anak satu-satunya.
 
Kedua apologi itu dibantah sendiri oleh Bible.
a) Anak-anak Jacob berjumlah 12 orang, yang memiliki status yang sama meskipun sebahagian anak-anak dari kedua isterinya dan sebagian lagi anak-anak dari handmaid kedua isterinya.
[Genesis 35:23-26]
23. The sons of Leah; Reuben, Jacob's firstborn, and Simeon, and Levi, and Judah, and Issachar, and Zebulun.
24  The sons of Rachel; Joseph, and Benjamin.
25  And the sons of Bilhah, Rachel's handmaid; Dan, and Naphtali
26  And the sons of Zilpah, Leah's handmaid; Gad, and Asher: these are the sons of Jacob, which were born to him in Padan-aram.
 
b) Tidak semua nama ke-12 anak-anak Jacob yang 12 orang itu menurunkan 12 nama mereka masing-masing dari ke-12 bangsa Israel. Perjanjian Lama menulis "dua belas" orang dari bangsa Israel, dua bangsa di antaranya diturunkan dari nama cucu Jacob yang ada di Mesir bukan di Kan'an.
Keduabelas suku Israel yaitu: 1.Ruben, 2.Simeon, 3.Judah, 4.Issachar, 5.Zebulon, 6.Benyamin, 7.Dan, 8.Naphtali i, 9.Gad, 10.Asher, 11.Ephraim, 12.Manasseh. Nama Joseph tidak disebutkan, karena diganti oleh kedua anaknya (cucunya Jacob) yang di Mesir yaitu Ephraim dan Manasseh, dan Levi juga tidak disebutkan, karena ia dan turunannya bertugas di kemah suci.
 
Itu menunjukkan apologi yang Kan'an sentris itu dibantah sendiri oleh Bible yang tidak Kan'an sentris. Lagi pula tempat pengurbanan itu tidak menunjuk pada Kan'an.
 
Kesimpulan:
Karena kedua apologi itu ditolak sendiri oleh Bible, maka:
Pertama, nama Isaac dalam [Genesis 22:2] disisipkan oleh "sect of writers"(*) dari ayatnya yang asli: Take now thy son, thine only son, whom thou lovest and get thee into the land of Moriah; and offer him there.
Kedua, Moriah tempat berkurban bukan di Kan'an, bukan di tempatnya Ishaq.
 
Alhasil, bukan Ishaq yang akan dikurbankan oleh Nabi Ibrahim AS. Itulah sebabnya tidak ada dalam sejarah peristiwa kurban itu diabadikan berupa upacara keagamaan yang diritualkan oleh Bani Israil. Tidak ada yang seperti Ibadah Haji di mana sebagian besar merupakan napak tilas dari prosesi Ismail yang akan dikurbankan.
 
---------------
(*)
"Sect of writers", yaitu para penulis yang bertugas untuk menuliskan hukum-hukum Musa AS dan hikayat-hikayat dalam Perjanjian Lama bagi yang memerlukannya.
[Kitab Kelima-Deuteronomy 34:6-7]
6. And he buried him in a valley in the land of Moab, over against Beth-peor; but no men knoweth of his sepulchre unto this day.
7. And Moses was an hundred and twenty years old when he died.
 
Dari kata-kata "he buried him", "when he died", menunjukkan bahwa Taurat yang terdiri dari Lima Kitab dituliskan oleh para "sect of writers" setelah wafatnya Nabi Musa AS. Tidak jelas siapa para "sect of writers" setelah Nabi Musa AS wafat. Juga tidak jelas jangka waktu antara wafatnya Nabi Musa AS dengan yang dimaksud dengan ungkapan kata: "unto this day", yakni hari mulai kalimat-kalimat [Deuteronomy 34:6-7] itu dituliskan. 
 
"Sect of writers" inilah yang menyisipkan unsur Israiliyat ke dalam Perjanjian Lama. Israiliyat adalah cerita-cerita produk budaya dari kalangan Bani Israil, karangan, ataupun imajinasi. Cukup dua contoh saja dari Israiliyat yang dikemukakan di sini:
 
Yang incest
[Genesis 19:31] Thus both the daughters of Lot was with child by their father.
 
Yang redaksionalnya yang porno, bisa jadi memang secara substantif bersumber dari Nabi-minor Yehezkiel, namun redaksionalnya diubah menjadi gaya yang vulgar dan porno oleh "sect of writers".  
[LAI-Yehezkiel 23:1-4]
1. Datanglah firman TUHAN kepadaku:
2. Hai anak manusia, ada dua orang perempuan, anak dari satu ibu. Mereka bersundal di Mesir, mereka bersundal pada masa mudanya, di sana susunya dijamah-jamah dan dada keperawanannya dipegang-pegang. 
3. Nama yang tertua ialah Ohola dan nama adiknya ialah Oholiba. Mereka Aku punya dan mereka melahirkan anak-anak lelaki dan perempuan.
4. Mengenai nama-nama mereka, Ohola ialah Samaria dan Oholiba ialah Yerusalem.
 
Ayat 2 di atas dan ayat-ayat 5,7,8,10,11,14,17,18,19,20,21 (tidak dituliskan di sini) semuanya vulgar dan porno.
Ayat 1,3 dan 4 di atas dan ayat 25 yang berikut tidak diubah gayanya dari yang asli, artinya tidak porno,
25. Aku (Tuhan) akan membalaskan cemburuan-Ku kepadamu, sehingga mereka memperlakukan engkau dengan kemurkaan, hidung dan telingamu akan dikerat dan sisamu akan mati rebah oleh pedang. Mereka akan menangkap anak-anakmu lelaki dan perempuan dan sisamu akan dimakan api.
Inilah yang dimaksud dalam Al-Quran, yang artinya:
Maka apabila datang saat hukuman bagi yang pertama dari kedua (kedurhakaan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang mempunyai kekuatan yang besar, lalu mereka merajalela (di Kerajaan Utara-Samaria- dan Selatan-Darussalam-), dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana (17:5).
WaLlahu a'lamu bisshawab.
 
*** Makassar, 28 November 20