29 Januari 2012

1011 Nabi-Nabi Hanya di Kawasan Tengah?

Saya menimba sebuah diskusi kecil-kecilan dari dunia maya.  
 
Friday, January 20, 2012 5:18 PM
Wikan Danar Sunindyo:
Katanya untuk setiap kaum di muka bumi ini, Allah turunkan nabiNya. Apa iya di Indonesia tidak diturunkan nabi sekalipun, mosok katanya ada 124.000 nabi cuman ada di sekitaran Timur Tengah?
 
Friday, January 20, 2012 5:19 PM
Ari Condro:
itu angka 124 rb nabi cuman lebay kali. angka hiperbola gitu deh
 
Friday, January 20, 2012 6:43 PM
Abdul Muiz:
Rasul itu ada yang dikisahkan dan ada yang tidak dikisahkan, keterangan ini dapat ditemukan di QS An-Nisaa 4:164, "Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Yang berpendapat ada nabi atau rasul di luar Timur Tengah adalah Ahmad Syarwat, Lc dapat dilihat di link ini
http://blog.re.or.id/mengapa-semua-nabi-dari-arab.htm
 
Sekian petikan singkat dari diskusi kecil-kecilan tsb.
 
***
 
Maka Allah membangkitkan nabi-nabi untuk penggembira dan penggentar dan menurunkan Kitab bersama mereka itu di atas kebenaran untuk (menetapkan keputusan) hukum (siapa yang benar) di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan (2:213).
 
Nabi-nabi yang diutus kepada bangsa-bangsa yang sudah mengenal tulisan, kepada mereka Allah memberikan risalah tertulis yaitu Kitab (dari Kataba = tulis), maka nabi yang mendapat risalah tertulis itu disebut rasul. Jadi tidak semua nabi itu rasul, akan tetapi rasul itu dengan sendirinya adalah nabi. Abu Zar bertanya kepada Rasulullah SAW: Berapakah jumlah para nabi ?". Beliau SAW menjawab, "Mereka berjumlah 124.000 orang, sebanyak 315 dari mereka adalah rasul". (HR. Ahmad dalam musnadnya dan Al-Bani mengatakan bahwa hadits ini shahih).
 
Muhammad itu bukanlah bapak salah seorang di antara laki-laki kamu, tetapi dia Rasul Allah dan PENUTUP nabi-nabi (S. Al-Ahzab, 33:40).
Dan ayat berikut menjelaskan pula tidak ada lagi rasul setelah Nabi Muhammad SAW.
Tiada Kami mengutus seorang rasul sebelum engkau (hai Muhammad) melainkan Kami mewahyukan kepadanya bahwa sesungguhnya tiada Tuhan kecuali Aku, maka sembahlah Aku (21:25).
 
Karena Nabi Muhammad SAW adalah PENUTUP nabi-nabi, dan tidak ada lagi rasul setelah Nabi Muhammad SAW, maka sejumlah 124.000 nabi-nabi yang di antaranya terdapat 315 rasul-rasul, semuanya itu hidup sebelum Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Dan karena dalam Al-Quran hanya disebutkan 25 orang nabi secara spesifik diutus ke sekitar Kawasan Tengah, maka sisanya yang (124.000 - 25) = 123.975 orang itu tentulah tersebar ke seluruh bangsa di dunia ini di luar Kawasan Tengah. Asal tahu saja, saya pergunakan ungkapan Kawasan Tengah, ini saya timba dari Al-Quran ungkapan: Zaitun (Makkah yang aman) tidak di timur dan tidak di barat (S. An-Nuur, 24:35). Apa tidak lucu jika di Indonesia ini Makkah yang sebelah barat itu kita katakan di Timur Tengah?
 
***
 
Ada yang perlu dicatat dalam diskusi kecil-kecilan tsb. Bahwa perlu sekali berhati-hati dalam menulis di dunia maya, jangan seenak perutnya sendiri. Tulisan Ari Condro bahwa itu angka 124 rb nabi cuma lebay, angka hiperbola, itu merupakan penghinaan kepada Nabi Muhammad SAW. Mengapa? Lebay bukan hanya sekadar berarti hiperbola, melainkan lebih dari itu. Lebay, sudah dikenal beberapa tahun terakhir ini sebagai bahasa gaul ABG, apalagi setelah ada lagu "Jangan Lebay"(#). Orang Lebay selalu membesar-besarkan masalah atau hal yang kecil-kecil, dalam arti lain orang lebay adalah orang yang terlalu melebih-lebihkan diri maupun pendapatnya tanpa memperdulikan orang lain, alhasil orang lebay itu bersifat sombong, merasa benar sendiri dan selalu ingin cari perhatian sehingga padanya timbul efek negatif seperti ditertawakan, diejek atau dicemooh.
--------------
(#)
Lirik lagu ini dapat dilihat di link
http://gudanglagu.com/t/t2/t2-jangan-lebay/
--------------
 
Nabi Muhammad SAW bersabda 124.000 Nabi-Nabi dan itu dicap lebay oleh Ari Condro, artinya Ari itu menghina Nabi Muhammad SAW, bahwa Nabi Muhamad SAW bersifat sombong, merasa benar sendiri dan selalu ingin cari perhatian. Dan Sabda Nabi Muhammad SAW 124.000 Nabi-Nabi ditertawakan, diejek atau dicemooh.
 
Ari perlu bercermin dalam kejadian di bawah ini:
http://epaper.tempo.co/PUBLICATIONS/KT/KT/2012/01/20/index.shtml?ArtId=009_024&Search=Y
Alexander An, 31 tahun, di Dharmasraya Sumatera Barat, ditahan polisi karena mengelola akun Facebook dengan nama Ateisme Minang. Saat ini, menurut Kepala Polsek setempat Ajun Komisaris Besar Nofrial S.E., Alexander sudah menjadi tersangka karena dilaporkan oleh Gusrizal Gazahar Ketua Majelis Ulama Indonesia setempat. "Facebook yang dikelolanya itu sudah lama meresahkan warga. Polisi menjerat Alexander dengan Pasal 156 A KUHP, dengan ancaman pidana penjara maksimal 5 tahun," ujarnya.
 
WaLlahu a'lamu bisshawab.
 
*** Makassar, 29 Januari 2012