16 Januari 2011

957 Makam Yous Asaf di Shrinagar

Jum'at, 30 April 2010
TEMPO Interaktif - Ada ada saja cara warga Shrinagar mempopulerkan daerahnya.
Mereka mengklaim Yesus menghabiskan sisa hidupnya di Kashmir. Klaim itu berdasar sebuah buku yang terbit di India pada 1973.
 
***
 
Saya kemukakan dahulu Firman Allah (cuma dikemukakan artinya saja, karena keterbatasan ruangan):
-- Ingatlah tatkala 'Isa anak Maryam berkata: Hai Bani Israil, sesungguhnya saya Rasul Allah (yang diutus) kepada kamu sekalian, serta membenarkan apa yang sebelumku yaitu Tawrah dan memberi kabar gembira dengan seorang Rasul, yang akan datang sesudahku namanya Ahmad (S. ash-Shaff, 61:6).
 
Menurut "Tafsir" anaknya Mirza Ghulam Ahmad (MGA) yaitu Bashir al-Din Mahmud Ahmad (BMA), yang memaklumkan ayahnya sebagai nabi, the word al-Aakhirah dalam ayat (2:4), ditafsirkan sebagai "the message or revelation which is to follow", risalah atau wahyu yang akan datang ("Tafsir" BMA, 1964, pg 34), dan seorang Rasul namanya Ahmad ("Ismuhu Ahmad") dalam ayat (61:6) dikenakan kepada MGA. The prophecy mentioned in the verse (61:6) apply to the Promised Messiah, founder of Ahmadiyya Movement (ibid, pg 2622).
 
Di Shrinagar Kashmir ada sebuah makam yang dikenal sebagai makam Yous Asaf. Kemiripan nama Yous dengan Yesus/Isa maka disangka makam Yous Asaf di Shrinagar itu makam Yesus. Di Kashmir dikenal sebutan Yusafzai artinya Bani Yusuf. Yus Asaf hanya gelar saja, dia seorang dari Bani Yusuf. Bangsa Kashmir adalah dari Suku Manashe anak Nabi Yusuf AS.
 
Lonely Planet di Shrinagar mengambil kesempatan mempromosikan yang disangka makam Yesus itu. Lonely Planet adalah buku panduan wisata yang cukup terpandang dan banyak dipakai para wisatawan sebagai pegangan.
 
Di samping promosi untuk kepentingan bisnis oleh Lonely Planet, Qadiyanisme punya kesempatan pula untuk sangat sengit mempromosikan makam Yous = Yesus itu untuk menunjukkan secara arkeologis Nabi Isa AS sudah mati. Karena Isa telah mati MGA adalah reinkarnasi dari Isa, the second coming of the Promised Mesiah (Al-Masih). Cocoklah pula dengan "tafsir" BMA bahwa al-Aakhirah (2:4) risalah yang akan datang dan ismuhu Ahmad (61:6) adalah MGA seperti dikemukakan di atas. Karena seorang Rasul namanya Ahmad (61:6) adalah MGA, maka rukun Islam pertama di tambah 1 Rasul menjadi 2 + 1 = 3, sehingga qadiyanisme bukanlah mazhab dalam Islam. Dan karena reinkarnasi itu adalah pokok kepercayaan Hinduisme, maka Qadiyanisme bersama-sama dengan Hindu Dharma dan Buddhisme sebagai mazhab dalam Hinduisme.
 
***
 
Memang ada sebuah monumen di Shrinagar di mana terdapat tulisan yang terdiri dari 4 baris, dua baris masih jelas dapat dibaca dan dua baris tak bisa terbaca lagi. Tulisan yang bisa dibaca itu berbunyi: "Year fifty and four. He is Jesus, Prophet of the Children of Israel." Tulisan itu hanya menunjukkan Yesus pernah ada di Kashmir, bukannya menghabiskan sisa hidupnya di Kashmir. Tahun ke 54 tentu saja bukan tahun Miladiyah (Masehi) karena tahun Miladiyah  belum dikenal pada waktu itu. Menurut Prof. Fida Hassnain, pakar arkeologi dan sejarah Kashmir itu adalah tahun 3154 Era Laukika atau 78 M.
 
Nabi 'Isa AS diutus kepada Bani Israil, namun yang didapati beliau di Judea hanya dua suku di antara 12 suku Israel. Setelah beliau luput dari palang salib, maka ada proses di antara peristiwa luput dengan wafat. Nabi Isa AS pergi mencari ke-10 Suku Israel yang lain. Seperti dijelaskan di atas bangsa Kashmir menyatakan diri mereka Bani Israil dari Suku Manashe (Manasseh). Dan dari Shrinagar beliau seterusnya menempuh entah kemana sebelum wafat.
 
Bahkan dalam The Book of Mormon (BoM, Kitab suci agama Mormon) termaktub bahwa Yesus pernah berada di Amerika mengunjungi salah satu dari 10 suku Israil yang hilang di Amerika [BoM, III Nephi 15:21]. Di samping itu, "some sources such as Howshua Amariel and various researchers assert that there is DNA evidence, linguistic research which indicates links between the Cherokee Nation and the Jewish people."
 
***
 
Firman Allah:
-- Ingatlah ketika Allah berfirman: Wahai Isa, sesungguhnya Aku akan mewafatkanmu (MTWFYK) dan mengangkat (derajat)-mu ke hadirat (kemuliaan)-Ku (RAF'AK ALY) (S. Ali 'Imraan. 3:55)
-- Dialah yang mewafatkan kamu (YTWFKM) di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari (S. Al-An'am,. 6:60)
-- Allah mewafatkan jiwa-jiwa (YTWFY ALANFS) ketika matinya dan jiwa yang belum mati di waktu tidurnya; lalu ditahanNya jiwa yang telah ditetapkan kematiannya dan dilepaskanNya yang lain sampai satu masa yang ditentukan (S. Az-Zumar, 39:42).
 
Demikianlah imam al-Qurthubi menjimpulkan bahwa ada tiga makna dalam istilah TWF: wafat kematian, wafat diangkat, dan wafat tidur.
 
Terkait dengan Hadits Kedatangan Isa bnu Maryam: "Demi Allah yang jiwaku di tanganNya, sesungguhnya telah dekat masanya Isa Anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu" (HR Muslim), maka dalam kalangan ulama Islam ada tiga pendapat:
 
Pertama, Isa bnu Maryam telah wafat dalam pengertian sudah mati. Karena beliau sudah mati, beliau tidak akan datang lagi. Hadits Kedatangan Isa bnu Maryam di atas itu tidak bisa dijadikan dalil menyangkut kedatangan Isa bnu Maryam, karena Hadits tersebut adalah Hadits Ahad, dan Hadits Ahad tidak boleh dipakai sebagai dalil untuk yang menyangkut aqidah.
 
Kedua, Isa bnu Maryam telah wafat bukan dalam pengertian mati, melainkan dalam pengertian diangkat. Dan beliau yang datang itu betul-betul Isa bnu Maryam himself, karena beliau belum mati.
 
Ketiga, Isa bnu Maryam telah wafat dalam pengertian wafat digenggan jiwanya oleh Allah, yaitu wafat tidur. Dan beliau yang datang itu betul-betul Isa bnu Maryam himself, karena beliau belum mati.
 
Demikianlah beliau diselamatkan oleh Allah SWT, usia beliau dipanjangkan (120 tahun sebelum wafat), dan beliau berjalan jauh melintasi beragam negeri untuk menghimpun domba-domba Israil yg hilang. Beliau wafat dalam kemenangan, diangkat oleh Allah derajat beliau, dibersihkan nama beliau dari tuduhan terkutuk orang Yahudi, dan dibersihkan nama beliau dari pemahaman syirik sebagai salah satu oknum dari Trinitas.
 
Alhasil, makam Yous Asaf di Kashmir bukanlah makam Nabi 'Isa AS. WaLlahu a'lamu bisshawab.
 
*** Makassar, 16 Januari 2011